gravatar

Cerita Sukses Seorang Entrepreneur Lele Pak Abdul Rohman

Di bawah ini adalah seputar penuturan pak abdul rahman :

Berawal dari mana ayah anda memilki motivasi untuk beternak lele?
Dari kelompok tani yang awalnya di kelola dalam sebuah perkumpulan bersama rekan – rekan pak abdul rahman akhirnya terfikirlah dalam sebuah gagasan inovasi baru dimana waktu itu di baca ada peluang namun beum banyak yang mengambil dan memanfaatkan kesempatan itu.

berapa modal awal?
Modal awal waktu itu di rintis sejak 2005 Ada kolam ada indukan biaya dll biasa 1 kolam habis 1jutaan .. harga indukan 20-30rb perkg. iTu masa lalu dimna asemua di muai dengan sebuah kesederhanaan hingga saat ini pak abdul rahman menjadi entrepreneur yang patut di perhitungkan di PARE KEDIRI.

sudah berapa lama usaha ini di bangun?
Sejak 2005 sampai sekarang yang di jalankan jatuh bangun ini hingga 2010 sudah hamper 6 tahun…

siapa saja partner ayah anda dan yang mampu bertahan dan yang jatuh

tolong ceritakan?

Sendiri namun untuk saat ini telah ada kelompok kerja bersama peternak LELE di pare namanya mina jaya……yg sukses sekali tidak ada namun banyak kegagalan terjadi karena putus asa modal tidak kembali hingga kolam di sewakan akibat naik turun pendapatan dan menyerah dalam usaha.ini terjadi pada beberapa rekan beliau yang belum tergabung dalam MINA JAYA karena di mina jaya tentu saja kelompok ini salaing bertukar ide dan share pengetahuan untuk terus mengembangkan usahanya.

dari mana saja ayah anda mendapat pengetahuan tentang beternak lele?
Otodidak. Dulu ada yang memiliki air hrus segini segitu sedangkan pak abdul rahman ini yg pnting ikan terlihat tenang menikmati beliau tidak menggunakan aturan baku hanya insting yang bekerja menurut beliau.

apa yang membuat usaha ini terus berjalan dari awal hingga sekarang?
Karena di rasa masih ada hasilnya dan merupakan kegiatan yang bagi beliau adalah sebuah hobi.

apa yang menjadi kelemahan usaha ayah anda?
Ini kelemahan utama dalam usaha ini yaitu Ternak makhluk hidup bila ada yg mati yg sakit biasanya modal tidak kembli dan ini menjadi Kendala utama dalam usaha ini.

bagaimana cara budidaya lele menurut ayah anda pakan pupuk hingga pembibitan sampai beternak dan dewasa dll ceritakan dan adakah tips untuk pengusaha / peternak lele lainnya? di ditribusikan ke mana panen lele tersebut, harga dan masa panen berapa bulan sekali?

Pak abdul rahman ini menjual bibit lele dan langkah Awal adalah pemijahan indukan dimana air harus baik. Dalam kolam indukan ada ijuk (Sapu) yg sdah ditata untuk tempat ikan dan telurnya untuk bertelur. Dalam kolam ada betina dan jantan. Lalu di tetaskan beberapa hari hingga menetas Akhirnya induk di pindahkan ke media kolam yang lain karena LELE adalah pemakan daging pula lalu umur tetasan 3hari di beri makan cacing sutra – umur 12 hari. makanan ganti ubi – ukuran 2-3 mkanan ganti lelet dan di jual bila yang menjadi target dalah pembibitan ketika ikan sejempol. Ini adalah sumber mengenai ukuran lele 40 hri – 2bulan…….ukuran lele bubuk,bleduk,tete,rete,dua,2-3,3-5,4-6,3,4,5,6,7,8,9 jual untuk bibit ukuran 9 buat bibitPendistribusian penjualan dengan tujuan utama adalah Boyolali. Dimana di boyolalai mulai dari daging hingga kepala dan tulang di adopsi dan diolah menjadi kreasi makanan di kampong lele ini.

Adakah kata – kata mutiara yang menjadi motto dan simbol dari ayah untuk sebuah slogan???
"KESUKSESAN DI DAPAT DENGAN MENIKMATI BUKAN TERIKAT SEBUAH LITERATURE”
Berapa keuntungan dan kerugian rata – rata?
Untung penjualan 40hri-2bulan tidak tentu hidup atau tidak berapa % yg hidup sangan berpengaruh pada keuntungan namun saat panen bila harga standart modal 2jt keuntungan 6-8 juta bias di peroleh 3 sampai 4X Lipat namun bila ikan mati sakit maka tidak dapt apa-apa. Bila masih 80% msh ada hasil dan bila hidup 40% balik modal menjadi 2 jt ini bila dengan modal 2jt.

Cerita tentang usaha anda .. (ini pertanyaan tambahan boleh curhat masa jatuh dan bangkit kembali sebagai bahan motivasi)
Pak abdul rahman ini sudah 5tahun menjadi pengusaha rumahan perseorangan di bidang lele namun beliau hingga saat ini mampu menyekolaahkan 2 putrinya hingga lulus di bangku kuliah dan menikah ada 1 orang putranya yang berkuliah di pulau garam juga hingga saat ini lalu yang paling bungsu SMP . Uang tdak kembali sama sekali ini pernah di alami oleh beliau namun dengan sebuah ketabahan dan tawakal pada yang maha kuasa beliau tidak lantas menyerah begitu saja beliau terus evaluasi diri dan monitoring apa yang harus di temukan dan di coba demi sebuah hasil yang lebih baik. Minimal bisa di gunakan untuk pembibitan selanjutnya itu sudah menjadi target beliau.ini ada 1tips untuk peternak LELE Indonesia Lele itu kanibal jadi seandainya dia sudah besar dalam 1media dan dengan pertumbuhan yang tidak sama maka yang lebih besar akan memakan yg kecil karena itulah di perlukan adanya di serit atau pemisahan ukran minoritas dengan minoritas dan mayoritas dengan mayoritas dalam ukuran yang sama.
Semoga sedikit catatan ini sanggup menjadi cerita dan motivasi yang baik bagi usahawan – usahawan lain di negeri ini.

Salam hormat saya

Aang alif anshori

Postingan Populer

Label

Pengunjung